LITERASI DIGITAL KELOMPOK TANI BUNGA 'CEMARA EMAS' DALAM MENINGKATKAN BRANDING DESTINATION WISATA BUNGA DESA LEDUG KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN

  • FITRIA WIDIYANI ROOSINDA Universitas Bhayangkara Surabaya
  • DELMARRICH BILGA AYU Universitas Bhayangkara Surabaya
  • DEWI PRIHANDARI Universitas Bhayangkara Surabaya

Abstract

Kampung Bunga 28 merupakan kampung bunga yang terletak di Kecamatan Prigen
Kabupaten Pasuruan. Kampung bunga yang memiliki pemandangan yang indah dengan
penduduk yang ramah dan solid, akan tetapi letak yang kurang dikenal oleh masyarakat luar
daerah tersebut menyebabkan penurunan grafik penujualan tanaman hias yang tidak begitu
tinggi. Hal ini dikarenakan kurangnya wawasan mengenai strategi pemasaran yang modern,
sehingga perlunya pembekalan mengenai pemasaran secara modern yaitu pemasaran
digital.Pemasarandigital adalah pemasaran yang dilakukan secara online dan tanpa batasan
waktu sehingga dapatdiakses kapan pun dan dimanapun, sehingga guna mendukung usaha
ini, Universitas Bhayangkara melakukan kegiatan KKN Tematik di Kampung Bunga Desa
Ledug dengan Program yang dilakukan adalah melakukan perapihan lingkungan dan
tampilan tanaman toko,penambahan komponen pendukung untuk menampilkan produk serta
memberdayakan pemasaran digital melalui pembuatan akun Instagram, dan shopee serta
konten foto produk. Program ini bertujuan untuk menjadikan Kampung Bunga Desa Ledug
sebagai objek wisata baru dengan menyuguhkan berbagai macam spot foto yang
instagramable, keindahan alam dantempat bercengkrama dengan nuansa alam serta dialiri
air sungai yang bersih sehingga meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada penduduk
Desa Ledug tentang pentingnya penggunaan media sosial sebagai platform untuk promosi dan
meningkatkan penjualan produk.Ada 3 tahap yang dilakukan, yaitu mendekorasi penempatan
produk unggulan, mengoptimalkan pemasaran digital melalui pengambilan foto serta
pembuatan akun Instagramdan shopee.Pencapaian yang didapat selama merangkai kegiatan
tersebut dengan hasil saat ini Kampung Bunga Desa Ledug sudah memiliki berbagai macam
objek wisata dan memiliki akunmedia sosial yang berisikan produk – produk tanaman hias
serta marketplace untuk pemasaran digital. Media promosi digital ini berpotensiakan
meningkatkan grafik penjualan tanaman hias dan membuat masyarakat lebih mengenal
Kampung Bunga Desa Ledug.

Published
2021-10-11