PENGEMBANGAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI DESA KESAMBEN WETAN, KECAMATAN DRIYOREJO, KABUPATEN GRESIK

  • IKA KHARISMAWATI

Abstract

Pemberdayaan masyarakat desa kesamben wetan dalam aspek pemasaran melalui digital marketing perlu dilakukan peningkatan karena dalam masa pandemi covid-19 yang berdampak sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Hal ini sangat meresahkan bagi warga desa kesamben wetan salah satunya ialah Bu Suparti penjual jamu Si Uti, beliau kesusahan dalam memasarkan produknya karena mayoritas penjualannya melalui rapat staff balai desa dan kendala lainnya ialah beliau tidak bisa memasarkan produknya secara online dikarenakan kurangnya pengetahuan teknologi. Dengan adanya program kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Bhayangkara Surabaya, yang berlangsung mulai tanggal 04 November hingga 06 Desember 2020, yang bertemakan “Pengembangan Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Usaha Mikro Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Kesamben Wetan, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik”. Program kerja yang kita buat akan membantu masyarakat yang ada di Desa Kesamben Wetan terutama Bu Suparti sebagai penjual jamu Si Uti agar dapat memasarkan produk jamu nya melalui digital marketing. Harapannya dapat meningkatkan penjualan jamu Bu Suparti, selain itu kami juga melakukan sosialisasi terhadap warga Desa Kesamben Wetan untuk melakukan pemasaran melalui digital marketing.

Published
2021-10-11