PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA CANGKRING MELALUI PROGRAM DESA WISATA DAN KOMUNITAS UMKM
Abstract
Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan jenis usaha yang menyerap banyak tenaga kerja dan memiliki daya tahan dan fleksibilitas yang lebih baik dalam menghadapi dinamika
kehidupan ekonomi suatu negara. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus diakui sebagai kekuatan strategis dan penting untuk mempercepat pembangunan daerah. Penelitian ini
menggunakan metode Deskripsi kualitatif, dimana cenderung melakukan deskripsi terhadap fenomena sosial dan realita di lapangan yang menjadi subyek penelitian. Subyek dalam
penelitian ini adalah pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM), Kelompok 46 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bhayangkara Surabaya dan stakeholder Kampoeng Cangkring Edupark . Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melakukan kajian terhadap literatur terkait dengan perempuan Madura hendak melangsungkan pernikahan didapat dari Media online, Buku, terjun langsung kelapangan , jurnal dan media cetak.