RINTISAN PEMASARAN KELINCI DI DESA PECALUKAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL

  • ARIYAN ALFRAITA Universitas Bhayangkara Surabaya
  • ELA NUR AISIYAH Universitas Bhayangkara Surabaya
  • MARISKA LUKHITA DILA Universitas Bhayangkara Surabaya

Abstract

Desa Pecalukan adalah nama salah satu desa yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pecalukan timur khusunys RT/RW 06/04. Mayoritas masyarakat nya bekerja menjadi buruh swasta (kuli bangunan) dan petani. Uniknya dikampung tersebut beberapa warga nya memiliki hobi pelihara kelinci, ada yang hingga 30 kelinci yang sudah menjadi koleksi. hobi ternak kelinci menjadi salah satu aktifitas mereka disaat libur bekerja pada hari minggu dalam mengecek kondisi kelinci. Berdasarkan hasil observasi pada tahap survei awal terdapat suatu hal yang perlu dikembangkan pada masyarakat kampung tersebut dan pada warga yang memiliki kelinci yaitu mengedukasi masyarakat setempat untuk melek media dalam pemasaran yang lebih luas di internet dan memanfaat kan media sosial. Tak hanya bisa di jual di pinnggir jalan saja namun bisa di pasarakan ke dalam sosial media hingga menciptakan rintisan pasar kelinci yang bisa menjadi badan usaha dan memanfaatkan potensi kampung tersebut secara optimal sehingga tercapai tujuan untuk menciptakan atau membranding lokasi kampung pecalukan timur menjadi yang dikenal sebagai “rintisan kampung pasar kelinci”

Published
2021-10-11