BRANDING DESA DAN PENGEMBANGAN SPOTWISATA MELALUI MEDIA TAMAN SERTA REFLEKSI KAKI DI DESA WISATA NOGOSARI PACET MOJOKERTO
Abstract
Kuliah KerjaNyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generative berupa life. Observasi dilakukan dengan metode: (1) diskusi(2) tanyajawab, (3) dokumentasi, dan (4) melihat kelapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN kelompok yang akan dilaksanakan meliputi program kelompok fisik dan program kelompok non fisik. Program kelompok fisik yaitu survey tanaman, survey lokasi, membuat banner dan plakat cinderamata, membuat taman dan membuat batu refleksi kaki. Sedangkan program kelompok non fisik yaitu pembukaan, branding hasil program KKN di Desa Nogosari, serta penutupan. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, innovator dan motivator.Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal14 November 2020 – 21 November 2020 ini relative berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga Desa Nogosari dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada pada lokasi dan alam sekitarnya. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara berkelanjutan tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.