PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING KAMPUNG INDUSTRI TAS DAN KOPER GUNA KEMAJUAN MARKET DI DESA KEDENSARI KECAMATAN TANGGULANGIN KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas
pemasaran dan pengelolaan industri tas dan koper di desa kedensari dan
memutus ketergantungan pengrajin tas dan koper di desa kedensari
terhadap tengkulak tas yang menghargai rendah karya produksi warga desa.
Adapun beberapa permasalahan yang terjadi antara lain kurangnya
kemampuan menggunakan jejaring sosial untuk pelaku usaha tas dan koper,
masih sedikit pelaku usaha tas dan koper yang tidak paham bagaimana cara
melakukan digital marketing yang baik, kurangnya tren pemasaran yang
modern dari yang konvensional (offline) ke digital (online). Kelompok 01 KKN
berkontribusi untuk mengatasi masalah tersebut antara lain memberikan
pelatihan tentang optimalisasi media sosial dan penggunaan market place
sebagai sarana promosi dan transaksi penjualan berbasis dalam jaringan,
memberikan pelatihan tentang foto produk dan copy writing sebagai
ketrampilan pendukung digital marketing, memberikan penyuluhan tentang
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dasar kepada para pengrajin tas dan koper di
desa kedensari, tanggulangin, sidoarjo, dan memberikan pembingbingan
kepada koperasi Intako untuk mengoptimalkan media sosialnya.