INOVASI DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA (UKM TELUR ASIN BU INUR) DI DESA DAMARSI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah sebuah bangunan usaha yang berskala kecil, memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000,- per tahun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Umumnya dimiliki secara perseorangan maupun kelompok. Meskipun demikian, definisi UKM sangat berbeda di masing-masing negara seperti ukuran bisnis dan juga bidang-bidang bisnis yang beragam juga bisa dikategorikan sebagai usaha kecil menengah. Dengan pengkategorian tersebut, jenis bisnis skala kecil ini memiliki hak dan kewajiban khusus yang berkaitan dengan legalitas status perusahaan dan besaran pajak yang harus dibayarkan pada pemerintah. UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. salah satu kelemahan dari UKM adalah Kurangnya tenaga ahli yang kreatif dan inovatif oleh karena itu kami dari Tim Kelompok 27 KKN Universitas Bhayangkara Surabaya akan membantu membuat inovasi pada UKM di desa damarsi tepatnya pada UKM telur asin.