OPTIMALISASI PRODUK DAN PENINGKATAN NILAI TAMBAH HASIL PENJUALAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL DENGAN MELIBATKAN IPTEK PADA USAHA ARUNIA BAKERY DI SURABAYA
Abstract
Permasalahan yang terjadi berawal dari lokasi kampung Dukuh Gemol RT02 RW03 berada yang strategis dikelilingi oleh perumahan serta sekolah-sekolah serta belum ada usaha yang berkembang di era digital saat ini. Besarnya peluang wirausaha di lingkungan kampung Dukuh Gemol RT 02 RW 03 sangat berdampak besar terhadap kelangsungan hidup masyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan tersebut. Salah satu solusi penyelesaian adalah dengan optimalisasi produk dan peningkatan nilai tambah hasil penjualan dalam menghadapi persaingan di era digital. Langkah-langkah kerja meliputi observasi, perencanaan, penerapan dan pengujian. Komponen utama optimalisasi produk berupa sosialisasi kepada warga tentang packaging serta label, lampu led untuk penerangan toko, acrilic untuk pemasangan jenis-jenis produk dengan pembuatan promosi usaha melalui instagram, facebook, wattsap, grabfood,dan gofood. Hasil akhir kegiatan KKN ini adalah pemberian promosi usaha secara online dan pemasangan serta pembuatan neon box yang mampu menarik perhatian konsumen.