MARKETING GO DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK UKM DI DESA BANJAR KEMUNING

  • ENDANG SISWATI
  • AFIF FAJAR AYUBI
  • NUR QOMARIA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital khususnya media sosial. bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan keuntungannya. Dihadiri oleh 8 UKM peserta, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan tentang penggunaan slide power point dan LCD proyektor; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat media sosial akun (Facebook, Instagram dan OLX) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata, cerita, dll.). Diadakan pada 2 Februari 2020, pengabdian masyarakat ini didanai oleh Universitas Bhayangkara, Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sedikit yang aktif menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan tidak memisahkan akun toko online dari akun pribadi mereka, sebagian lainnya sesekali menggunakannya, dan lainnya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya keterampilan teknologi. Semua peserta menunjukkan kehebatannya minat untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus.
Published
2020-11-25